Home » » Keajaiban Fenomena Lava Berwarna Biru

Keajaiban Fenomena Lava Berwarna Biru

Posted by Agungdroid on Thursday 13 February 2014




          Rahasia alam memang menyimpan berjuta misteri yang belum terpecahkan dan tidak terduga-duga ,salah satunya adalah fenomena yang sangat mengagumkan. Indahnya muntahan lava yang berwarna biru yang sangat spektakuler merupakan salah satu contoh dari keajaiban alam yang terjadi di sekitar kita .


           Muntahan Lava berwarna biru ini berasal dari kawasan gunung berapi ijen yang merupakan kelompok stratovolcanoes yang berada di jawa timur dengan kawah aktif dengan kedalaman mencapai 200 meter. Kawah ini juga merupakan wadah bagi danau asam bewarna pirus terbesar di dunia.


          Danau asam pada kawah ijen ini merupakan daerah tambang sulfur .setiap harinya para penambang membawa keranjang berisi belerang dari kawah ijen dengan berjalan kaki.

          Hal yang sangat menakjubkan dari kawah ijen ini adalah ketika waktu malam ,kawah ini beserta kompleksnya akan memancarkan cahaya berwarna biru yang sangat indah .


          Dibalik indahnya kawah ijen ,tersimpan beberapa kisah pilu yang dialami oleh para penbambang sulfur yang bekerja disekitar kawah ini .pasalnya mereka harus bekerja dengan kondisi yang sangat buruk ,ditambah lagi kurangnya alat pertambangan yang tidak memadai dan tidak adanya alat keselamatan yang dapat mereka gunakan.

          Penambang yang bekerja pada kawah ijen biasanya mengumpulkan belerang yang digumpalkan menjadi satu yang nantinya akan diturunkan ke bagian bawah .biasanya para penambang mengangkut sekitar 100kg belerang perhari. Belerang yang mereka tambang nantinya akan dihargai sekitar Rp 680/Kg.




Thanks for reading & sharing Agungdroid

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. pengen lihat dengan mata telanjang..!
    pasti sangat indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah :D btul tu gan ,ciptaan Allah memang menakjubkan

      Delete